All abouts email

0 Comments »
Pernakah anda mendengar yang namanya bom email?
Kira-kira kejadiannya begini, suatu ahari anda menemukan email anda telah penuh alias melampaui bandwitch yang telah ditetapkan. Padahal menurut anda, kapasitas yang anda punya masih cukup besar untuk banyak email yang akan masuk. Apa yang telah terjadi?

Yupss...seseorang telah mengirm email bom pada anda. Sebetulnya ada beberapa cara lain dalam membua bom email, yaitu:

1.Bom Email
adalah merupakan bentuk pengeboman dengan jalan mengirimkan isi mail sebanyak - banyaknya (akarakter tak bermakna) dengan jumlah mencapai puluhan hingga ratusan mail. Jadi anda sudah bisa menyimpulkan sendiri... :)

2.Bom attach mail

Adalah bentuk pengeboman yang dilakukan terhadap seseorang dengan dilampiri attachment beberapa mega hingga beberapa puluh mega. Bisa kebayang kan...hikssssss!!!

3. Bom listing

Yaitu pengeboman dengan mendaftarkan "penderita/korban" ke banyak mailing list. Otomatis dengan didaftarkannya ke banyak mailing list, maka dalam sehari "penderita" akan menerima ratusan hingga ribuan mail. Pusing...............!!!!!!!!!!!!!!#@#%$%^

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang saya akan mengungkapkan berbagai cara untuk menghindari email bom. Dalam halaman ini saya tidak akan membahas cara membuat email bom (Mungkin laen kali ya......gw kasih tau, gak usah nangis donks...

:)

Oleh karena itu menjadi kewajiban kita semua untuk saling mengingatkan antar pemakai internet untuk tidak menggunakan email guna keperluan yang tidak semestinya. Mungkin sudah saatnya kita memikirkan adanya Internet Society di Indonesia yang mau membahas perkembangan internet di Indonesia yang sangat fenomenal ini. Internet memang memudahkan hidup, namun karena hidup kita sudah menjadi lebih mudah, jangan mudah membangkitkan kemarahan orang lain. Kesadaran sikap yang baik sesama pengguna email adalah salah satu bentuk pencegahan utama yang paling awal.

Selanjutnya pencegahan yang lain dan seterusnya adalah sebagai berikut :

1. Batasi penyebaran alamat email resmi anda

Tidak memberitahukan alamat email resmi kita kepada sembarang orang, kecuali terhadap orang yang telah "teruji", atau bisa dipercaya tidak akan berbuat demikian. Terhadap orang - orang yang baru saja anda kenal, sebaiknya berikan alamt email gratisan yang jumlahnya sangat banyak. Anda bisa mendaftar di beberapa tempat, sebagai antisipasi bila suatu kali email gratisan anda juga menjadi sasaran "penjahat"

2. Manfaatkan Mail Filter pada software mail anda

Dengan menggunakan mail filter ini, dokumen anda akan tertata rapi. Selain itu, pada beberapa software mail, ada yang mempunyai kemampuan memfilter semua mail yang mempunyai kapasitas diluar batas yang diset oleh penggunanya. Misalkan, filter diset bila ada mail yang kapasitasnya melebihi 100 Kb, maka langsung "kill". Dengan demikian, setidak mail yang kapasitasnya melebihi 100 Kb, akan di delete (tanpa masuk trash).

3. Memanfaatkan mirror mail

Cara ini, adalah diperuntukkan bagi mereka yang tidak ingin dilacak user mailnya (agak sulit dilacak). Fasilitas ini, memungkinkan seseorang mempunyai alamat lain, tapi nantinya email - email yang ditujukan ke alamat tersebut akan diterima oleh pengguna melalui mail resminya. Dengan fasilitas ini, anda bisa memfilter dari awal keberadaan email - email asing sesuai kehendak anda, sebelum masuk ke mailbox resmi anda. Sayang sekali mirror mail ini, kebanyakan tidak gratis, alias harus bayar iuran tahunan. Cara ini cukup ampuh.


5. Ganti mail address

Ini adalah alternatif terakhir, bila beberapa cara diatas tidak bisa ditempuh (terlalu sulit), maka dengan terpaksa anda bisa minta kepada ISP anda untuk mengganti mail address anda. Biasanya untuk mengganti email address ini, diperlukan beberapa prosedur yang bersifat pernyataan bahwa yang bersangkutan benar - benar ingin mengganti mail addressnya.

Konsekuensinya, dengan penggantian email ini, anda harus mengumumkan ke semua rekan, kenalan, relasi (yang bisa dipercaya), agar tidak salah kirim.

saya saya cukup sekian penkelasan saya...hikssssssssss

)

0 Responses to "All abouts email"

Posting Komentar